Sabtu, 03 Desember 2016

Silsilah Keluarga


 


      Arti silsilah keluarga itu ialah rangkaian keturunan seseorang yang ada kaitannya dengan orang lain yang menjadi istrinya dan sanak keluarganya. Silsilah tersebut adalah merupakan suatu susunan keluarga dari atas ke bawah dan ke samping, dengan menyebutkan nama keluarganya.

     Makin tinggi kedudukan orang itu makin haus ia akan pemahaman tentang siapa-siapa mereka yang telah melahirkan dan membesarkan dirinya. Maka dari situlah ia akan mulai melacak siapa-siapa mereka itu. Itulah alasan laen mengapa seseorang itu memerlukan pemetaan silsilah, agar dengan jelas menentukan siapa dirinya dan siapa saudaranya yang lain. Kedudukan ini penting dalam keluarga karena akan berpengaruh pada masalah waris dan perkawinan, serta kemaslahatan umat yang lain.

     Jelas bagi kita, bahwa yang dimaksud dengan silsilah itu, ialah suatu daftar susunan nama orang-orang yang merupakan susunan keturunan dari suatu warga atau dinasti (wangsa), misalnya Dinasti Sriwijaya, Dinasti Syailendra, dan dinasti-dinasti lainya yang pernah berkuasa.

       Maksud dan tujuan menyampaikan silsilah keluarga dari mbah buyut hingga anak cucu dikarenakan kekhawatiran akan anak keturunan generasi muda yang tidak saling mengenal satu sama lainnya sehingga timbul untuk membangun kembali susunan silsilah keluarga agar anak cucu bisa mengetahui keluarga besarnya dari sanak saudara yang sedarah maupun sanak keluarga dari garis keturunan ayah maupun garis keturunan ibu.
    
      Dengan demikian diharapkan terjalin saling silaturahmi, mengenal satu sama lainnya dan menambah persaudaraan dalam silsilah keluarga besar serta mengundang kerabat untuk berbagi.

Berikut ini contoh Silsilah keluarga saya dalam 5 tingkatan yaitu :
a. udeg-udeg
b.bao
c.buyut
d.kakek-nenek
e.ayah ibu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar